Tiada Karimun Jawa, Kepulauan Seribu-pun Jadi

>> 29.1.12

*padahal cerita Dieng belum slesai :P

Dada terasa sesak ketika mendengar berita bahwa penyeberangan ke Karimun Jawa dipending sampai Maret. Memang benar sih kalau keadaan cuaca di pantai utara sedang tidak mendukung, katanya sih arus dan ombaknya sedang besar.



gimana, boy? Karimun ditutup sampai Maret nih.
kita harus nyusun plan B nih

Tiba-tiba ada SMS dari Si Prast, dia ngasih opsi:
Plan A: Karimun Jawa
Plan B: Kepulauan Seribu
Plan C: Kawah Putih Ciwideu *kayaknya, lupita

Tanpa pikir panjang ane langsung bales Plan B ;) Dari pada kita tetep ngeyel mau ke Karimun Jawa, tapi hasilnya nihil, mending kita ke Kepulauan Seribu

kan? namun kata Karimun Jawa masih saja berdiam di benak, terbukti ane (dan yang lain) sering salah nyebut Kepulauan Seribu jadi Karimun Jawa #hehehe. Keputusan telah ditetapkan, Kepulauan Seribu menjadi tujuan kita liburan semester kali ini. Pada awalnya, banyak personil yang mau ikut, baik cewek maupun cowok, diantaranya Prajawan si kribo, Rizal, R tiiiiiiiitttt… Rizqa, Bina si Hot #eh, Rista dan Tata si sapi. Namun, semakin mendekati hari H, nama-nama di atas mengurungkan niat mulianya. Pada akhirnya, yang benar-benar fix untuk melancong ke Ibu Kota adalah Tim Dieng –seperti biasa: Jarot, Prast, Isma dan ane–, Rista dan Tata. Dua cewek ini emang nakal bandel #hehehe.
Setelah orang yang ikut telah fix, langsung si Prast dan Jarot pesen tiket kereta api di Stasiun Lempuyangan tujuan akhir Pasar Senen, dan langsung galau #eh katanya kita bisanya berangkat dari Jogja tanggal 21 *lamaamaatt. Namun setelah dikroscek cross-check, ternyata tiket tanggal 17 masih ada pada pemberangkatan jam 5 sore #Alhamdulillahyasesuatubanget. Tiket sudah di tangan, tinggal menyiapkan barang-barang yang akan kita bawa alias #packing.
> Tenda dump
> Nesting


> Sleeping bag
x Kompor
x Parafin
o Gas
> Logistik
> Pakaian mandi
> Alat mandi

Pada malam Hari H, Tim Dieng tidur di kosan si Isma, namun aku tetep tidur di kamar sendiri #hehehe. Pada malam itu, kusempatkan untuk ketemuan sama Arina, cewekku dong, perpisahan ceritanya, kangen-kangenan dulu sebelum seminggu nggak ketemu :D #hahaha *bikin iri yang lain :P
Keesokan harinya si Prast sudah menghilang, buru-buru balik kontrakan buat packing, si Jarot masih setia di Isma.
Gara-gara Jarot, mandinya jadi pake antri :P
Abis mandi, kita sarapan dulu dong! di tempat langganan baru ==> Padang 5000 Samirono. Habis sarapan langsung capcus cin ke mabes (baca: Sekret Himabio). Galau lagi deh… Ternyata kita belum dapet kompornya, cewek-ceweknya belum sempet nyari, akhirnya Prast turun tangan (gagah banget!), bersama Rista dia nyari kompor sama parapin parafin, dan nemu juga di Flamingo, depan GOR UNY. Lengkap sudah peralatan backpackingnya :D

Waktu terus berlalu… dan HUJAN #wuaaaaaaaaaaa gawat hujan darurat!
Abis sholat Ashar, hantu galau datang lagi… Bingung berangkat ke stasiun pake apa, jalan? naik transjogja? atau minta dianter?
Selalu aja ada orang-orang baik di sekitar kita, temen-temen yang ada di kampus bersedia nganterin kita sampai stasiun walaupun langit sedang memberikan air kehidupannya. Eits, ternyata si Mimi ceweknya Isma alias si pipi memaksa membujuk dia agar mau dianternya sampai stasiun, perhatian banget si Mimi :P. Sebenarnya cewekku juga membujukku agar dianternya, tapi kularang, kasian dia nanti ujan-ujanan :). Si duo cewek juga boncengan, dan motornya dititipin di penitipan motor deket stasiun. Tinggal ane, prast sama jarot yang belum dapet tumpangan. Jengjeeeeng… tiba-tiba pahlawan datang, Mas Dlo, Prajawan dan Jojo si sobat fisika, mereka bersedia nganterin kita sampai stasiun. Sesampai stasiun perpisahan yang sarat dengan emosi terlihat diantara si pipi dan mimi. Mau ngganggu nggak enak rasanya #hehehe
Jam 5 kurang 15 kita berenam masuk ke gerbong 7, sayang kita tidak berhadapan duduknya, saling berpunggungan *kosakatayanganeh. Namun kita tetep ngeyel, kita duduknya jadi berhadapan, tiba-tiba ada seseorang yang mengklaim tempat duduknya, langsung saja kita nego untuk tukeran tempat duduk, dan mereka mau :D untungnya mereka juga bertiga. Tepat sebelum berangkat, ada seorang keren yang sekali lagi mengklaim tempat duduk yang telah kami duduki, galau lagi deh. Setelah dicek, ternyata si cowok keren itu yang salah masuk gerbong, dia di gerbong 3. Gerbong keretanya juga aneh sih, semuanya bernomor 3, nomor gerbong yang sebenarnya agak kecil di sebelah nomor 3 itu.
Loh? Keretanya kok mundur? #hahaha
Tepat (tenane?) jam 5 kereta api cap Progo jurusan akhir Senen berangkat membawa bocah-bocah yang bermimpi mengelilingi Indonesia sebelum mereka tua :D
Perjalanan 10 jam siap kita lewati.
Posisi duduk: Jarot-Isma-Prast – Tata-Rista-ane
Di awal perjalanan seperti biasa, nggosip ngobrol sana sini sambil ngemil (makanan ringan) dan ngemol (makanan berat). Tak lupa kami juga beli makan dong, tentunya yang resmi, kita kan sukanya yang resmi-resmi #hehehe Nasi ayam Rp7k.
Suara-suara khas gerbong kereta ekonomi mulai terdengar…
“mijon… mijon… popmi… kopii…”
Ditengah perjalanan ada #sesuatu yang bikin kita ngakak, sesuatu yang lain lain daripada yang lain, ada seorang pedagang asongan menjajakan jualannya sambil teriak dengan pedenya… “enegren! enegren! enegreen!
Setau ane ya, yang ada itu Energ*n, bukan enegren! #hahaha

===> Langsung skip aja deh yang di keretanya… <===

Sekitar pukul 2 pagi kita sampai stasiun Senen Jakarta. Kereta jaman sekarang emang tepat waktu nih, padahal ane berharap kereta kali ini agak telat :P Sesampai di stasiun kami langsung cari tempat buat stay sementara dulu, masih pagi picek buta gini! dapet tempat duduk di ujung deket mushola stasiun *lupa namanya. Gokil gilaaa! nyamuknya gede-gede dan beranian *nyamuk endemik jakarta kali yaa :P Setelah istirahat bentar, dan mushola telah buka (kayak warung aja :P) kita gantin sholat, sholat maghrib sama isya’ dulu. kenapa nggak sholat di kereta? karena kita belum tau caranya… #hahaha. Selang beberapa menit suara adzan sudah terdengar nyaring. Sholat Subuh deh :D.
Pagi-pagi galau datang lagi…
Kita mau ngejar kapal penyebrangan ke Kepulauan Seribu yang pagi, tapi kita juga meu pesen tiket buat kembali ke Jogja juga (pengalaman yang berharga: seharusnya pas pesen tiket berangkat sekalian pesen yang baliknya). Telusur punya telusur, ternyata loker tiket pemesanan bukanya pukul 7, jadi kayaknya susah deh ngejar kapal yang berangkat pagi :( Lamaa nunggu…setelah nunggu dari jam 5, tetep ngantri juga… tapi masuknya dapet kloter pertama #alhamdulillahyah.

antri
Yang masuk buat pesen tiket adalah si Rista, lamaa banget dia di dalem, rencana awal kita balik dari Jakarta hari Minggu, sampai Jogja Senin pagi. Kayaknya si Rista nggak dapet tiket Minggu-nya deh, dan… tepat dugaanku… kita dapet tiketnya hari Senin! *sambilmikirmaungapainaja–__–a Sudahlah dipikir belakangan. Langsung aja kita cabut dari stasiun, nyariin Halte TransJakarta. Sampai. Beli karcis @Rp3.5k. Pokokmen keren banget lah! di halte pake jaket tebel dan bawa carrier gede, bener-bener backpacker #hahaha. Dari Halte Senen ini, kita akan turun di Halte Jembar Jelambar. Bisnya datang! Eh… kita terpisah, Jarot, Prast, Tata dan Rista masuk bis duluan, ane dan Isma tertinggal di belakang. Dengan tetep cool, ane menerima kenyataan ini #lebaydikit. Ane sama Jarot tetep stay connected (baca: SMSan), dia ngingetin ane kalo kita turun di Jelambar. Sial! Bis yang ane naiki penuh amat, desak-desakan, tapi nggakpapalah *pertamakalinaiktransjkt. Lumayan, di depan ane ada cewek cantik #sssttt… Ketemu lagi deh sama orang-orang gokil di Halte Jelambar :P Kita turun dan nyari angkot merah, setelah dapet kita tanyain dulu apa bener bisa nganterin sampai Muara Angke. Bener. Langsung naik deh enam orang ini. Cuaca yang hot panas mulai terasa. Jarot duduk di depan samping pak kusir supir sambil tanya-tanya. Pak sopirnya baik. Namanya Pak Rico, kata si Prast. Bau tak sedap mulai tercium, tanda hampir sampai :P. Beceknya minta ampun! Sampah sana sini lagi! Akhirnya sampai ujung dan pak sopir minta bayar *yaiyalah Rp30k . Hati mulai was-was, jangan-jangan nggak ada kapal yang nyebrang. Ah! Optimis dong boy!. Sebelumnya kita bagi tugas dulu, cari info tentang kapal dan belanja di pasar. Jarot, Prast dan Isma cari info tentang kapal; ane sama dua cewek lainnya belanja di pasar *sial!kembali nglewatin jalan yang bau tadi deh, nggakpapa lah, semoga ini hidung cepet beradaptasi :P Sesampai di Pasar kita beli:
> Sarden G*ga 3 kaleng
> Kecap sachet
> Saus botol A*C
> Sayuran
> Jagung (gara-gara liat ibu-ibu bawa jagung, lumayan bisa dibakar *sedaaap)

Ketemuan lagi sama tim pencari info kapal di tempat semula (deket pom bensin). Katanya sih mereka abis beli buah, sial!nggak dibeliin, jeruk mini bawaan si Isma juga diabisin lagi. Sial! #ROTF. Mereka dapet info katanya ada penyebrangan ke Kepulauan Seribu siang sekitar jam 1 di dermaga baru #Alhamdulillah.
Eh, sebelumnya kita juga sempet beli mi instan 7 biji dan air mineral di minimarket deket pom bensin itu, muahalll…
Kata si Jarot, jarak ke dermaga baru 1 km, kayaknya lumayan capek kalo kita jalan. Banyak juga sih yang nawarin kita, mulai angkot sampai odong-odong *nggaktauodong2kan? :P Akhirnya kita ambil yang odong-odong aja, ber6 Rp10k. Bau asin sepanjang jalan. Sampai dermaga!.

Dermagabarudermagabaru2
Langsung liat jadwal, alhamdulillah jam12 ada penyebrangan :D di situ kita juga ketemu sama anak Bekasi yang juga mau nyebrang, tapi katanya lagi nanya-nanya dulu, abis Imlek nyebrangnya, namanya lupa #hehehe. Selama nunggu, jangan ditanya lagi, kita foto-foto dulu dong!

dermaga3ibemantab!lompat!mantab!Rasa laper datang, ngemil dulu juga boleh, tanpa terasa udah abis seplastik #hahaha Sebelum nyebrang kita nyebrang, kita sempetin dulu beli air minum lagi, siapa tau ntar kurang, merk air minumnya Aquarin #hehehe. Jam 12 masih lama. Sebenernya kita mau ke Pulau Pramuka dan Pulau Tidung, tapi apa daya… setiap penyebrangan kudu bayar Rp30k. Demi ngurangin pengeluaran kita tentuin satu pulau aja yang akan kita singgahi, pulau itu adalah Pulau Tuding Tidung. Giliran ane nih yang dijadiin tumbal buat beli tiketnya, dikumpulin uangnya @Rp30k. Ane dateng ke loket, katanya belum buka, balik lagi. Dateng lagi ane ke loket, katanya sebentar lagi, balik lagi. Banyak orang yang ngumpul diloket nih, tandanya loket udah dibuka. Bener. Sesampai di loket, ternyata nggak boleh diwakilin, mau tak mau, temen-temen yang lain kudu ngikut antri deh #hahaha. Sama mbak-mbak di loket, kita ditanyain nama sama umur, baru bayar deh… loh? kok bayarnya Rp32k? aneh… yang Rp2k pergi kemana? saat yang tidak tepat untuk mengkritisi…
Sebelum masuk, kita diabsen dulu :P, kita naik kapal Kerapu V, mantab! Kita juga dapet snack loh di dalam kapal, servis yang cukup memuaskan :D.

Kerapu V, kapal cepat!
kerapuVmerahputih
Welcome you to Tidung Island!

0 comments cuk!:

About This Blog, blog!

This is my blog, i am a newbie. This is my style, if you don't like, i don't care!.
Whatever!!

Contact Me!

10317244012 International Biology Education Yogyakarta State University facebook.com/maolodeen
twitter.com/maolodeen
mauludinmajid@yahoo.com
ibeclass@gmail.com

  ©

Back to top SUNDUL!